Translate

Selasa, 21 Oktober 2014

kemajuan pertanian


bismillah,  sekarang kita akan membahas tentang kemajuan pertanian.
oke kita ambil contoh dari beberapa negara ya, kita ambil dari JEPANG dan AMERIKA.
- jepang
jepang negara kepulauan yang sebagian lahan nya kurang bagus karena dampak dari radiasi nuklir akibat perang dan bencana tsunami. 
apa saja sih yang sudah di kembangkan oleh jepang di sektor pertanian nya, cekidot langsung aja dah ya :
 1. Daratan Jepang banyak terdapat gunung dan pegunungan, sehingga topografinya relatif kasar. Kondisi ini menyebabkan Jepang memiliki luas wilayah pertanian yang tidak begitu luas, yaitu hanya ± 16% dari seluruh wilayah daratannya. Akan tetapi, meskipun luas wilayah pertaniannya relatif sempit, Jepang ternyata mampu menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Hal ini dipengaruhi oleh kesuburan tanah dan kemampuan sumber daya manusia dalam mengolah dan berinovasi di bidang pertanian, terutama dalam pemanfaatan teknologi dalam menciptakan varietas - varietas baru unggulan, pupuk, alat - alat pertanian dan obat - obatan. Hasil - hasil pertanian Jepang antara lain padi, kentang, jagung, sayur - sayuran, teh, jeruk, dan apel.
- amerika 
ya kalo amerika sih ga usah di ragukan lagi selain wilayah negara nya yang luas juga amerika memiliki negara bagian yang juga luas. oke langsung aja apa aja sih yang telah berkembang di amerika ?
 1.  Sebagai negara kontinental, Amerika Serikat mempunyai lahan yang masih sangat luas, bahkan dapat dikatakan hampir 47% lahan di Amerika Serikat masih digunakan untuk lahan pertanian. Dalam pelaksanaannya, lahan - lahan tersebut dikonsentrasikan dalam beberapa produk unggulan, seperti berikut ini.
  1. Kawasan lahan gandum yang disebut wheat belt, dapat dibedakan atas gandum musim dingin (winter wheat) yang terletak di daerah Kansas dan gandum musim semi (spring wheat) yang terletak di Montana, North Dakota, dan South Dakota.
  2. Kawasan lahan kapas yang disebut cotton belt dan merupakan penghasil kapas terbesar di dunia, terdapat di Texas, Alabama,
  3. Georgia, dan Lousiana.
  4. Kawasan lahan jagung yang disebut corn belt, terletak di daerah Ohio, Iowa, Minnesotta, Missouri, dan Indiana.
Selain pola pertanian per kawasan tersebut, Amerika Serikat juga mengembangkan pertanian secara umum, seperti perkebunan tembakau di Tennesse dan Virginia, perkebunan tebu di muara Sungai Mississippi, serta sayuran dan buah - buahan.
jadi,sekarang sudah saat nya indonesia berbenah kita sudah tau contoh negara yang mamou mengembangkan pertanian nya dengan lahan kecil dan lahan yang luas.  #semangatindonesiaku
sumber : http://www.crayonpedia.org/mw/Negara-Negara_Yang_Digolongkan_Sebagai_Negara_Maju_dan_Berkembang_9.1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar